Hendynoize Weblog

Sharing What A Good Thing

Misteri Bentuk Kepala Suku Amazon

December 23, 2011 Life

Post to Twitter

Misteri Bentuk Kepala Suku AmazonBudaya ada kemungkinan dapat memicu evolusi ciri fisik manusia. Begitulah kesimpulan riset tentang praktek perkawinan yang dilakukan satu suku di hutan Brasil. Orang kerap menganggap evolusi dipicu oleh berbagai faktor lingkungan, seperti lingkungan serta kondisi geografis, seperti sungai dan pegunungan.

Ternyata faktor budaya, seperti tradisi dan perilakuyang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya, juga mempengaruhi perilaku, bahkan mengarah pada perubahan evolusioner.

Untuk mendalami hal itu, sejumlah peneliti menganalisis ciri fisik, geografis, iklim, dan genetik dari 1.203 orang yang merupakan anggota enam suku Amerika Selatan yang tinggal di kawasan Amazon dan dataran tinggi Brasil.

Riset mereka menemukan bahwa Xavante, salah satu kelompok suku itu, menunjukkan penyimpangan morfologi atau bentuk fisik. Mereka mempunyai kepala yang lebih besar, lebih tinggi, dan berwajah sempit dengan hidung lebih lebar.

Karakteristik ini berkembang selama 1.500 tahun setelah mereka terpisah dari Kayapo, kelompok lain yang memiliki kekerabatan erat dengan mereka. Laju perubahan fitur ini lebih cepat 3,8 kali lipat dibanding tingkat perubahan suku lain. Perubahan utama yang diamati oleh peneliti diperkirakan tidak terpengaruh oleh iklim ataupun kondisi geografi Xavante. Faktor budaya diduga kuat berada di balik ciri khusus itu.

Sebagai contoh, di salah satu desa Xavante di Sao Domingo, seperempat dari populasi itu adalah anak-anak lelaki dari kepala suku, Apoena, yang memiliki lima istri. Praktek seksual suku tersebut memang memungkinkan pria berkedudukan tinggi dalam kelompok tersebut untuk memiliki banyak istri dan anak, yang akhirnya ciri khusus mereka pun dengan cepat mendominasi populasi itu.

“Kami telah meneliti Xavante selama hampir setengah abad, dan sejak awal morfologi mereka menunjukkan perbedaan dari pola Indian Amerika klasik,” kata Francisco Salzano, ahli genetika di Federal University of the Rio Grande do Sul. Dia mengkonfirmasi bahwa Xavante mengalami evolusi morfologi yang sangat cepat.

Artikel ini bisa juga dibaca di :

http://id.shvoong.com/social-sciences/psychology/2241562-misteri-bentuk-kepala-suku-amazon/

Pengunjung Yang Lain Membaca Postingan Di Bawah Ini:

Write a Comment